Beranda » Instruksi Gubernur Kepala Daerah Propinsi Djawa-Tengah, Tanggal 14 Maret 1972, No Hukum G 50/1972, 32/23/7, Tentang Pelaksanaan Klasifikasi Tanah Dalam Tahun Tanam 1972/1973 (Lamp I & II).

Instruksi Gubernur Kepala Daerah Propinsi Djawa-Tengah, Tanggal 14 Maret 1972, No Hukum G 50/1972, 32/23/7, Tentang Pelaksanaan Klasifikasi Tanah Dalam Tahun Tanam 1972/1973 (Lamp I & II).

Kyving & Marty (I Gde Widja 1989; 20) membagi jejak historis menjadi 4 jenis yaitu jejak non-material, jejak material, jejak tertulis dan jejak representasional. Dari dari arsip yang ditemukan oleh penulis, dapat penulis golongkan bahwa judul diatas dapat digolongkan ke jejak tertulis. Jejak tertulis dapat dibedakan atas dasar berupa tulisan tangan dan yang berupa cetakan, ada pula yang berbentuk dari gabungan kedua nya. Kadang-kadang juga jejak tertulis ini merupakan bagian dari jejak material, kemudian tidak kalah pentingnya adalah dokumen-dokumen pemerintah yang banyak memuat situasi politik dan kegiatan pemerintahan sehari-hari, di unit pemerintahan dari tingkat paling rendah hinggal ke tingkat yang paling tinggi.

Untuk judul arsip diatas dapat dibedakan menjadi 2 yaitu kritik ekstern dan kritik intern, penulis sendiri mengambil judul “S.K. Peraturae Pelaksanaan Sewa Tanah tgl 18-12-1970/ sd 15-5-1974”, dan lebih fokus pada tahun 1972/1973. Untuk kritik ekstern arsip ini bahwa dokumen yang kita hadapi memang dokumen yang kita cari dan sumber-sumbernya harus otentik. Mengenai pelaksanaan sewa tanah dan bentuk fisik sumbernya, untuk bentuk fisiknya bagi penulis sudah cukup bagus karena arsip-arsip yang ditemukan sudah diketik dan rapi. Untuk kertasnya arsip ini dibuat pada kertas buram dan untuk masa itu kertas yang dipakai sudah cukup bagus. Untuk keasliannya sendiri penulis masih ragu karena pada kalimat terakhir disana ditulis “atas nama sekretaris daerah”, meskipun begitu ketika penulis mencari sumber ini penulis menemukan copyan yang cukup banyak (5 example) dengan kualitas yang rendah dan ada setempel dari perkebunan XV yang pada itu merupakan perkebunan milik negara.

Kritik intern sebenarnya terutama ditujukan pada sumber berupa dokumen, karena ini menyangkut sift informasi dalam kaitan dengan posisi daari sumber pemberi informasi dengan peristiwa.pada kritik intern ini penulis membagi menjadi 4 arsip (kurun waktu 1972/1973) yaitu : 1). S.K. 14 Maret 1972 no. 50/1972, 2). Tabel Tanah tentang Klass Sewa Tanah Jateng tgl 14 Maret 1972 no. 50/1972 (2 bagian), 3). S.K. tgl 16 Juni 1972 no. 130/1972, 4). S.K. Kepada PG. Bandjaratma di Brebes tgl 14 Agustus 1972.

Dari ke-4 arsip tersebut penulis lebih memfokuskan kepada tabel pelaksanaan klasifikasi tanah tgl 14 Maret 1972. Dilampiran I, dibagi 2 tanaman yaitu tebu dan tembakau yang ditanam diseluruh Jateng dan setiap Kabupaten klass tanah yang bebeda-beda, misal Kab. Brebes klas tanahnya klas III dan untuk Kab. Pemalang klas tanahnya klas II, dan untuk setiap klas itu dihargai tidak sama karena berpatokan dari pusat. Klas di Jateng dibagi 5 klas dan setiap klas harganya berbeda-beda tergantung tanaman apa yang ditanam. Untuk penghitungan klas tanah dihitung/di golongan menurut kecamatannya.

Untuk lampiran II lebih fokus kepada petunjuk penetapan klasifikasi tanah tahun 1972/1973. Pada lampiran II dibagi 4 bagian, yaitu pertama, dasar : peraturan menteri tentang harga menurut jenis tanamannya. Kedua, hasil klasifikasi tanah, setiap jenis tanaman diklaskan (klas sendiri terdiri dari klas I-V). Ketiga, petunjuk pengetrapan persewaan tanah, setiap tanaman dibagi menjadi 5 klas dan setiap klas harganya tidak sama dan setiap kabupaten juga tidak sama. keempat, lebih mengarah ke prasarana produksi/ekonomi lebih mengarah kperbaikan prasarana produksi dan kewajiban pihak swasta untuk memberi tambahan uang Rp. 2.500,-/per hektar/ tahun tanam.

Melalui kritik sejarah, jejak-jejak sejarah dapat diwujudkan sebagai fakta sejarah, dengan demikian fakta sejarah itu sebenarnya keterangan yang kita peroleh dari jejak-jejak sejarah, setelah disaring/diuji kebenarannya melalui kritik sejarah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: